Selasa, 21 Mei 2019

Mengenal Sejarah Kretek di Indonesia Lewat House of Sampoerna Surabaya


Kota Surabaya punya beberapa museum yang patut dikunjungi sebagai objek wisata. Salah satu di antaranya adalah House of Sampoerna. Ini adalah museum kretek di mana pengunjung bisa belajar tentang sejarah industri rokok di Indonesia.

House of Sampoerna terletak di Jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya. Gedung museum berupa rumah megah dengan arsitektur bergaya kolonial Belanda. Satu ciri khas yang tak bisa dilewatkan adalah empat pilar besar yang bentuknya dibuat menyerupai batang rokok di bagian depan.

Bangunan yang dulunya merupakan pabrik pertama rokok Sampoerna itu masih diliputi aroma tembakau dan cengkeh. Bagian dalamnya dihiasi barang-barang peninggalan keluarga Liem Seeng Tee, sang perintis bisnis rokok Sampoerna. Termasuk sepeda tua yang digunakan oleh Liem untuk menjajakan rokok di awal bisnisnya.

Selain memorabilia keluarga Sampoerna, museum juga memamerkan berbagai benda kuno yang berkaitan dengan rokok. Mulai dari korek api, cangklong antik, pemantik, replika warung rokok, hingga mesin pelinting tua.

Ada pula perlengkapan Sampoerna marching band yang pernah ambil bagian di Rose Parade, California.

Naik ke lantai dua, pengunjung bakal diajak untuk mempelajari sejarah industri rokok dan proses pembuatan rokok dari masa ke masa lewat video. Ada tembakau dan cengkeh dari berbagai jenis berderet di tengah ruangan. Jika melihat ke bawah, tampak puluhan mesin untuk pelinting rokok yang biasanya digunakan para pekerja Sampoerna.

Tak cuma segala hal tentang rokok yang bisa ditemui di House of Sampoerna. Pengunjung juga bisa menyimak sebagian koleksi Musuem Musik Indonesia di Pameran Indonesia Bermusik yang juga ada di kompleks House of Sampoerna. Galeri lukisan dan karya seni juga ada, lho. Pokoknya House of Sampoerna wajib dikunjungi jika sedang berwisata di Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar