Rabu, 08 Mei 2019

Tutup 31 Mei, Ini Deretan Fitur Ikonik Dari BBM!


Aplikasi chatting BlackBerry Messenger atau yang kita kenal sebagai BBM, akan segera tutup akhir bulan ini, tepatnya 31 Mei 2019.

BBM tak bisa dimungkiri banyak mengiringi perjalanan digital warganet yang telah melek internet sejak akhir 2000an hingga awal 2010an.

Perkembangan pesat Android yang mulai dijejali applikasi chat yang menawarkan lebih banyak fitur dan integrasi lebih baik ke semua platform, membuat BBM menjadi pilihan lebih sedikit pengguna.

Meski demikian, BBM pernah jadi raja dan primadona aplikasi messaging di zamannya. Terdapat juga beberapa fitur ikonik yang akan selalu dikenang meski BBM akan segera tutup. Dilansir dari Liputan6.com, berikut ulasannya.

1. PING!
Kerinduan pengguna internet zaman dahulu terhadap BBM ialah adanya fitur PING!. Seperti diketahui PING! ini difungsikan untuk follow up lawan chat apabila lama membalas.

Bahkan sampai sekarang entah memakai apps chat apa, masih dipakai secara manual tulisan PING! untuk follow up lawan chat. Saat ini, kalangan muda sering mempergunakan huruf "P" yang kurang lebih fungsinya sama.

2. Emoji
BBM memang sangat seru pada zamannya. Chat seakan-akan begitu hidup ketika memakai BBM dulu. Salah satu fitur yang tidak bakal terlupakan anak zaman dahulu ialah fitur emoji di BBM. Dengan adanya emoji, chat menjadi lebih menarik.

Terutama, kita bisa menyusun emoticon sendiri untuk menambah hidupnya chat kita, dan meletakkannya di shortcut.

3. Broadcast Pesan
Salah satu fitur canggih yang akan membuat rindu akan BBM ialah fitur broadcast. Fitur broadcast ini dulunya sangat penting digunakan untuk share ke semua circle pertemanan BBM untuk menginfokan sesuatu. Biasanya yang paling populer ialah pesan broadcast PIN BBM teman hingga broadcast sesuatu yang memuat informasi seperti ucapan hari raya.

4. Tanda R, D, dan Jam
Banyak sekali yang dilema dengan adanya fitur huruf R, D, dan gambar jam. R artinya read, D artinya delivery dan gambar jam artinya pending. Dengan adanya fitur ini, akan banyak yang membuat galau semisal pesan kamu hanya di R saja. Bahkan hanya gara-gara tanda R, D dan gambar jam akan membuat pengguna BBM bisa emosi dengan lawan chatnya.

Soal fitur ini, grup vokal cilik yang kini sudah tumbuh dewasa Cowboy Junior dulu memiliki lagu yang memuat sentimen ini, yakni "Kenapa Mengapa." Cuplikan liriknya: "kenapa D lagi D lagi D lagi kok ngga R R , R R," yang bermaksud menanyakan kepada yang dichat mengapa chat tidak kunjung dibaca, hanya deliver saja.

0 komentar:

Posting Komentar