Selasa, 11 Juni 2019

Alami Vertigo Saat Berkendara, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan


Munculnya vertigo saat berkendara merupakan sebuah hal yang mungkin terjadi pada dirimu. Ketika kamu tengah mengendarai mobil atau motor, sebaiknya segera menepi dan hentikan aktivitasmu saat itu juga.

"Vertigo yang terjadi bisa mendadak yang membuat penderitanya seperti berputar-putar atau melayang. Seringkali gejala vertigo ini sangat hebat sehingga harus membuat orang yang terkena menghentikan aktivitasnya," jelas dokter spesialis saraf Diorita Dyah Prayanti.

Bagi pengendara yang mengalami vertigo, kamu harus menepi dan istirahat sejenak. Durasi vertigo berbeda-beda sehingga kamu harus sabar menunggu hingga vertigo hilang.

Jika kamu sedang bersama orang yang mengalami vertigo, maka upayakan membuat orang tersebut beristirahat.

"Orang yang kena vertigo itu diistirahatkan. Yang paling penting, jangan dikerumunin. Supaya diam menghirup udara dengan bebas," lanjut Rita, sapaan akrabnya.

Saat pasien terkena serangan vertigo yang hebat, ia akan pergi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). Gejala vertigo yang hebat, seperti mual, muntah, dan berkeringat dingin.

"Ada obat anti vertigo, bisa disuntikkan atau diminumkan. Kalau pasien masih bisa oral, akan diberikan obat minum dulu," ujar Rita yang dokter yang berpraktik di RS Pusat Otak Nasional, Jakarta.

Jika pasien muntah hebat dan tidak bisa minum obat, maka akan diberikan obat melalui suntikan (injeksi). Rita menyarankan, bila sudah punya riwayat vertigo, segera periksa ke dokter.

"Nanti dokter akan memberikan obat buat kemana pun kamu bawa pergi," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar