Selasa, 29 Oktober 2019

Gunung Butak: Sekali Mendaki, Tiga Gunung Terlampaui

Gunung selalu menyimpan kenangan bagi para pendaki. Alam, perjalanan, tantangan, kebersamaan, semua itu bisa ditemukan saat pendakian. Meski harus menaklukan medan berat, banyak orang justeru ketagihan ingin mendaki kedua, ketiga dan seterusnya.
Kata seorang teman, “kalau kamu ingin tahu sifat asli seseorang, ajaklah ia naik gunung.” Menurutnya, perjalanan pendakian yang berat akan memunculkan sifat asli seorang pendaki. Aku sendiri pernah membuktikan kebenaran ungkapan itu, meskipun aku tidak bisa menulisnya secara detail. Jika anda penasaran, anda perlu membuktikannya sendiri.
Ohh ya, dari sekian banyak gunung indah di Indonesia, Jawa Timur menjadi destinasi pendakian terfavorit. Sebut saja, Gunung Penanggungan, Gunung Butak, Gunung Arjuno, dan Gunung Semeru. Gunung-gunung tersebut benar-benar rekomended. Jangan mengaku hikers sejati kalau belum pernah sampai ke puncak empat gunung itu.
Jika anda belum pernah mendaki keempat gunung itu, dan meminta saran gunung mana yang harus ditaklukan terlebih dahulu, maka jawabanku adalah Gunung Butak. Setidaknya rekomendasi dariku atas dua alasan. Pertama, Gunung Butak dikategorikan medium class, artinya medan dan rintangan yang dilalui agar tiba di puncak tergolong sedang. Kedua, setibanya anda di puncak Gunung Butak, anda akan merasakan panorama tiga gunung sekaligus.
Baiklah, sebelum mendaki, anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan wajib. Perlengkapan wajib kelompok, antara lain: Tenda, kompor portable, makanan instan seperti mie dan sarden, air mineral. Sedangkan untuk perlengkapan wajib individu, antara lain: Tas carrier, sleeping bag, selimut, pakaian ganti, camilan, senter, air mineral. Perlengkapan tambahan lainnya bersifat opsional.
Ohh ya, selain perlengkapan pendakian, hal penting lainnya yang perlu disiapkan adalah tiket pesawat menuju bandara terdekat dengan lokasi pendakian, yaitu Bandara Abdurrahman Saleh, Malang. Menggunakan jalur udara untuk tiba di Malang anda akan mendapatkan bonus view pegunungan yang menakjubkan dari atas awan.
Khusus persiapan satu ini, anda bisa memesan tiket pesawat online dengan aplikasi Pegipegi di smartphone anda. Memesan tiket pesawan dengan Pegipegi, anda akan disuguhkan pilihan maskapai penerbangan yang lengkap. Anda bisa memesan 7 tiket penumpang dewasa sekali pemesanan.
Selain kemudahan booking tiket, di Pegipegi juga banyak promo tiket pesawat yang pastinya akan menghemat biaya perjalanan anda. Enaknya booking tiket pesawat di Pegipegi, anda bisa melakukan pembayaran via Mobile Banking, Internet Banking, transfer ATM, atau bayar cash di minimarket yang sudah menjalin mitra dengan Pegipegi.
Tiket pesawat siap. Perlengkapan pendakian kelompok dan individu juga siap. Sekarang, lets go to Butak Mountain. Menuju puncak Gunung Butak, ada tiga jalur pendakian yang bisa anda pilih, yaitu:
1. Jalur via Desa Gading Kulon, Dau, Malang.
2. Jalur via Sirah Kencong, Gandusari, Blitar.
3. Jalur via Toyomerto, Pesanggrahan, Kota Batu.
Jalur pertama, perjalanan terlalu jauh. Sedangkan jalur kedua, medan terlalu ekstreem dan curam. Nah, untuk jalur ketiga, jarak tempuh dan medan terbilang sedang, sehingga banyak pendaki yang lebih memilih jalur ketiga. Dan untuk tiba di pos pendakian jalur ketiga, anda hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari Alun-Alun Kota Batu.
Ohh ya, sebagai rekomendasi, anda bisa mulai pendakian pukul 09.00 pagi. Harapannya, sekitar pukul 16.00 anda sudah tiba di puncak untuk mendapatkan sunset.
Jalur pendakian via Toyomerto sebenarnya jalur pendakian ke Gunung Panderman. Setelah setengah perjalanan dilalui, di Latar Ombo kita belok ke kanan mengambil rute Gunung Butak. Banyak sekali jalan bercabang di rute ini, tapi anda tidak perlu khawatir karena sudah ada simbol/penunjuk jalan. Yang perlu diwaspadai adalah sekawanan monyet pencuri–jangan palingkan pengawasan anda dari tas. Hehe
Setelah memasuki rute pendakian Gunung Butak, anda akan lebih banyak melalui medan landai beriringan dengan semak-semak berbunga. Tidak perlu terburu-buru tiba di puncak, tetap santai menikmati perjalanan, dan perkuat koordinasi dengan rekan sependakian untuk keamanan bersama.
Kurang lebih perjalanan santai selama 7 jam, anda akan tiba di Padang Savana Gunung Butak. Di sana akan menjumpai Edelweis si Bunga Abadi tumbuh indah menyebar di Savana. Hal yang perlu diingan, cukuplah menikmati keindahannya dengan tidak memetik. Di Padang Savana, anda bisa mengisi perbekalan air sebelum melanjutkan pendakian selama kurang lebih 30 menit untuk tiba di puncak.
Setibanya di puncak, hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menikmati panorama alam yang menakjubkan ialah mendirikan tenda. Pastikan tenda berdiri kokoh dan mencengkeram erat di tanah karena angin di puncak lumayan kencang. Usai mendirikan tenda, silahkan menikmati sunses yang syahdu.
@Kun_Rozak (IG)
Malam bergulir, pagi tiba, lihatlah surga di sekeliling anda. Sebagaimana judul tulisan ini, anda akan mendapatkan tiga gunung sekaligus dalam sekali pendakian Gunung Butak. Lihatlah ke arah barat, gunung kecil di depan anda adalah Gunung Panderman. Arahkan pandanganmu sedikit ke kanan, gunung yang gagah itu adalah Gunung Arjuno (lihat foto di atas). Lagi, arahkan pandanganmu ke kanan, gunung yang agak jauh itu adalah Gunung Semeru yang berselimut awan.
Lunas sudah halau dan rintangan dengan panorama indah pegunungan Butak yang menakjubkan. Lelah, peluh, dan energi terbayar sudah. Tapi ingat, puncak bukan tujuan, karena tujuan utama pendakian adalah kembali dengan selamat.
@Kun_Rozak (IG)

0 komentar:

Posting Komentar