Selasa, 01 Oktober 2019

Inilah Berbagai Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Bahan Alami


Bau kaki menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Umumnya hal ini terjadi karena keringat di kaki yang bercampur dengan bakteri sehingga akan menimbulkan bau tidak sedap. Cara menghilangkan bau kaki sebenarnya ada sangat banyak mulai dari alami hingga medis dan tentunya dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, simaklah caranya berikut ini :

1. Garam
Garam menjadi bumbu dapur yang pasti dimiliki oleh setiap orang, jadi mudah untuk mendapatkannya. Garam ternyata tidak hanya berguna untuk memberikan rasa asin pada masakan, tapi juga merendam kaki. Anda tinggal membuat air garam dan kemudian memasukkan kaki ke dalam air tersebut untuk menghilangkan baunya. 

Merendam kaki ke dalam air garam dapat digunakan untuk relaksasi, menghilangkan bau kaki dan meredakan eksim. Lakukan perendaman sekitar 10-15 menit dengan air hangat. Tapi, jangan terlalu panas. 

2. Lemon
Bau kaki memang sangat mengganggu. Mungkin kita tidak bisa mencium baunya, tapi orang lain yang akan terganggu sehingga kita harus segera mengatasinya. Rendaman air lemon bisa dijadikan salah satu cara yang tepat. Lemon memilih sifat antibakteri yang baik untuk mengatasi kelebihan keringat dan bakteri.

Untuk membuat rendaman air lemon, campurkan perasan 6 buah lemon ke dalam satu baskom air. Lakukan perendaman sekitar 15 menit setiap hari, terutama setelah Anda melakukan aktivitas di luar rumah, seperti bekerja, sekolah atau lainnya. 

3. Baking Soda
Anda mungkin hanya mengenal baking soda sebagai bahan untuk membuat roti. Tapi, siapa sangka jika bahan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap pada kaki. Anda bisa membelinya di toko yang menjual bahan-bahan roti atau di warung yang jualan sayur karena biasanya juga menyediakan baking soda. 

Cara pembuatan air rendaman tersebut dengan mencampurkan baking soda 1/4 gelas dengan air secukupnya ke dalam baskom agar kaki dapat terendam. Anda bisa menambahkan perasan lemon untuk memberikan hasil yang lebih maksimal dan memberikan aroma yang segar. 

4. Cuka
Tidak hanya digunakan untuk pembuatan acar, bahan yang satu ini juga baik untuk dijadikan rendaman air agar bau tidak sedap pada kaki menghilang. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:2 hingga kaki bisa terendam dengan baik. 

Rendam kaki sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air bersih dan tunggu hingga kering untuk menggunakan kaus kaki atau sepatu. Namun, untuk menggunakan rendaman ini, pastikan jika tidak ada iritasi atau luka terbuka pada kaki karena jika ada akan menyebabkan rasa perih pada bagian yang luka atau mengalami iritasi. 

5. Teh
Selain dijadikan sebagai bahan minuman, teh memang memiliki manfaat lain, seperti menghilangkan mata panda dan menghilangkan aroma tidak sedap pada kaki. Kandungan asam tanat di dalamnya mampu mengurangi produksi keringat pada kaki dan membunuh bakteri penyebab bau kaki. Jenis teh yang digunakan yaitu teh hitam. 

Cara membuat air rendaman adalah dengan menyeduh dua kantung teh hitam ke dalam dua gelas air selama 15 menit. Selanjutnya, tambahkan dua liter air agar kaki dapat terendam secara sempurna. Tunggu hingga suhu air nomal kemudian lakukan perendaman sekitar 30 menit sambil melakukan relaksasi. 

Itulah tadi berbagai cara mengatasi bau kaki mulai dari cara alami, medis, hingga cara yang terkait dengan kebiasaan sehari-hari. Baik memilih cara medis maupun cara alami, kebiasaan sehari-hari tetap harus diterapkan agar kita dapat terhindar dari bau kaki. Selamat mencoba dan mendapatkan kepercayaan diri Anda kembali!

0 komentar:

Posting Komentar