Kamis, 14 November 2019

Hindari 4 Hal Ini Jika Anda Membuka Bisnis Toko Kelontong


Berbelanja di toko kelontong tentu saja berbeda ketimbang berbelanja di toko serba ada atau supermarket. Di supermarket, Anda bebas mengambil barang apa saja yang diinginkan lalu membayarnya di kasir. Beda halnya dengan warung kelontong, Anda cukup menyebutkan barang yang diinginkan lalu penjual akan memberikannya kepada Anda dan langsung dibayar di tempat. 

Dari segi harga, warung kelontong memang relatif murah dibanding supermarket. Meski murah, bukan berarti si penjual tidak mendapatkan keuntungan. Justru dengan harga yang ditawarkan tersebut, dagangan di toko kelontong mereka semakin laris dan ramai pembeli. Melihat peluang ini, tidak heran bila kini banyak masyarakat yang memulai usaha warung kelontong ini di rumah mereka.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu dihindari jika berencana membuka warung kelontong tersebut. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Berbuat curang

Jika Anda pemilik toko kelontong, maka jangan sekali-kali berbuat curang kepada pembeli. Hal ini tentu saja akan menghilangkan kepercayaan konsumen pada Anda sehingga mengakibatkan warung menjadi sepi pembeli. Sebagai contoh, Anda dengan sengaja mengurangi uang kembalian atau menambah berat timbangan.

2. Tidak ramah terhadap pembeli

Sikap yang ramah tentu saja akan membuat pembeli menjadi lebih nyaman saat berbelanja di warung kelontong Anda. Tunjukkan senyum terbaik Anda saat melayani pembeli dan gunakanlah bahasa yang sopan serta enak didengar. Jika menampilkan wajah yang judes alias tidak ramah, tentu pembeli malas berbelanja di warung Anda.

3. Menjual barang yang kadaluarsa

Menjual barang yang kadaluarsa hanya akan merugikan pembeli. Meskipun hal tersebut menguntungkan bagi Anda, namun kepuasan pembeli tetap saja nomor satu. Untuk itu, selalu periksa barang dagangan Anda, apakah masih layak untuk dijual atau tidak.

4. Terlalu asyik mengobrol 

Jika sedang melayani pembeli dalam jumlah yang banyak, maka sebisa mungkin hindarilah mengobrol terlalu lama dengan satu pembeli. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu pembeli lainnya yang hendak memesan atau membayar belanjaannya kepada Anda. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda hindari jika membuka usaha toko kelontong. Semoga bermanfaat, ya.

0 komentar:

Posting Komentar