Kamis, 14 Mei 2020

Tips Memilih Produk Asuransi Syariah Terpercaya


Apakah Anda sudah mantap memilih produk asuransi syariah, seperti produk asuransi syariah Allianz? Atau apakah Anda masih mencari-cari produk asuransi syariah yang tepat? Untuk membantu Anda memilih produk asuransi yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal penting terlebih dahulu. Begitu juga ketika Anda sedang mencari produk asuransi syariah.

Lantas, apa saja ya pertimbangan penting ketika Anda memilih produk asuransi jiwa syariah? Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasan berikut ini, yuk. Selamat membaca!

Reputasi Perusahaan Asuransi

Pastikan bahwa Anda memilih perusahaan asuransi yang memang benar-benar terpercaya. Yang terpenting adalah pilihlah perusahaan asuransi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai jaminan bahwa perusahaan asuransi tersebut benar-benar legal. Contohnya Allianz, yang sudah melayani para klien di Indonesia selama bertahun-tahun dan merupakan perusahaan asuransi internasional ternama dengan reputasi yang sehat.

Pahami Kebutuhan Diri Sendiri

Setelah memilih perusahaan asuransi yang legal, berpengalaman, dan terpercaya, sekarang pertimbangkan secara spesifik apa kebutuhan asuransi Anda. Contohnya, apakah Anda membutuhkan asuransi untuk perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, pendidikan, atau produk asuransi yang sesuai dengan impian Anda, seperti naik haji? Bicara soal impian naik haji, Allianz memiliki produk asuransi yang dapat membantu Anda mewujudkannya, lho. Namanya adalah Allianz Tasbih, yang dapat menjadi mitra perencanaan keuangan dalam membantu Anda mewujudkan impian berangkat ke Tanah Suci.

Diawasi Dewan Pengawas Syariah

Selain diawasi oleh OJK, Anda juga perlu memastikan apakah perusahaan asuransi pilihan Anda juga sudah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) atau belum, mengingat bahwa yang akan Anda pilih adalah produk asuransi syariah. Jika sudah, tentunya Anda akan mendapatkan jaminan bahwa produk asuransi serta dana yang Anda investasikan ke dalam produk tersebut dikelola sesuai dengan syariat Islam.

Tahu dan Paham Akad Asuransi Syariah

Secara garis besar, akad merupakan kerja sama antara dua pihak.Dalam hal ini, akad mengikat Anda sebagai nasabah dan perusahaan asuransi sebagai penyedia layanan asuransi. Di dalam akad, tercantum perjanjian jelas yang meliputi poin-poin penting seperti premiatau kontribusi polis asuransi. Nah, salah satu ciri utama yang membedakan asuransi syariah dengan asuransi konvensional adalah adanya pernyataan bahwa dana tidak akan hangus di dalam akad. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari dan memahami sepenuhnya soal akad asuransi syariah. Sebab, dengan menyetujui akad syariah, artinya Anda juga menyetujui sistem tabarru, di mana Anda menyetorkan dana asuransi secara teratur tiap bulan dengan konsep tolong-menolong.

Cermati Preminya

Dalam produk asuransi syariah pun, besaran premi atau polis berbeda-beda. Saat akan menentukan besaran premi, pastikan bahwa Anda memperhatikan kondisi finansial pribadi atau keluarga. Selain itu, pilihlah produk dengan premi yang wajar. Artinya, hindari premi yang terlalu murah, yang malah akan berakibat pada besaran klaim yang tidak sesuai dengan harapan. 

Nah, sekarang sudah tahu, kan, poin-poin apa saja yang patut Anda pertimbangkan sebelum memilih produk asuransi syariah? Semoga bermanfaat, ya!

0 komentar:

Posting Komentar