Rabu, 13 Januari 2021

Manfaatkan Teknologi Asesmen Untuk Memajukan Perusahaan


Platform asesmen online menjadi cara terbaik untuk menghindari kesalahan fatal dalam perekrutan karyawan. Bagi pemilik perusahaan, proses ini sangat sulit dan butuh waktu lama untuk membuat keputusan. Tidak hanya waktu yang terbuang, tetapi tenaga dan biaya produktivitas yang sudah terbuang hanya untuk proses rekrutmen. Bayangkan saja, perusahaan harus memasang iklan lowongan, menyeleksi surat lamaran melalui email dan juga menyiapkan waktu wawancara yang tidak butuh waktu sehari atau dua hari. 

Platform Asesmen Online Pastikan Pemilik Usaha Tidak Salah Pilih Karyawan

Tingkat efektivitas rekrutmen konvensional tersebut diatas sangat rendah. Karyawan yang direkrut bisa jadi menunjukkan hasil awal yang memuaskan. Tetapi, seiring dengan meningkatnya tekanan pekerjaan karena target yang harus dicapai, maka yang bersangkutan tak lagi produktif. Tentu hal ini sangat mengganggu kelangsungan produktivitas perusahaan. 

Dapat dibayangkan berapa waktu yang terbuang percuma saat perusahaan harus merekrut karyawan pengganti. Jika pemilik usaha melakukan proses yang sama secara berulang-ulang, maka perusahaan tersebut tidak akan maju dengan pesat. Padahal, persaingan bisnis bukanlah hal yang bisa ditunda. Untuk itulah, pemilik perusahan perlu berpikir bijak dengan menggunakan platform asesmen online. 

Hasil Objektif dan Akurat

Tidak dapat dipungkiri bahwa platform asesmen online menunjukkan hasil akurat dalam penilaian kemampuan calon karyawan, sesuai bidang yang dibutuhkan perusahaan. Pemilik hanya perlu menentukan departemen yang membutuhkan karyawan, dan sistem perekrutan dalam platform asesmen akan melakukan seleksi secara otomatis. Contohnya, jika sebuah perusahaan akan merekrut seorang akuntan, maka platform akan menentukan jenis tes numerasi. Hasil akurat akan terlihat dari kemampuannya menyelesaikan tes tersebut. 

Platform asesmen online juga memudahkan pemilik usaha untuk menguji kemampuan akademis calon karyawan. Hasil tes dari platform ini juga dapat menunjukkan apakah mereka dapat bekerja di bawah tekanan atau tidak. Saat ini, tidak ada satu pekerjaan pun yang tidak menuntut kerja keras dan tekanan. Jadi, penilaian subyektif dalam rekrutmen karyawan sudah tidak dapat dijadikan tolak ukur. 

Kandidat Karyawan Dapat Memahami Deskripsi Pekerjaan Dengan Benar

Platform asesmen online tidak hanya bermanfaat bagi pemilik usaha, tetapi juga bagi karyawan yang terpilih. Mereka dapat memahami apa saja deskripsi pekerjaan yang harus mereka jalani nantinya. Kandidat yang mengerjakan semua pertanyaan dengan mudah, adalah mereka yang sudah memahami bidang tersebut. Sebaliknya, jika mereka merasa terbeban dalam menjawab semua pertanyaan, maka hasilnya akan terlihat dalam hasil tes tersebut. 

Dapat disimpulkan bahwa platform asesmen online dapat dilakukan dengan mudah, murah dan tepat sasaran. Pelamar juga dapat mengisi pertanyaan yang diajukan, sesuai dengan waktu yang mereka miliki. Pencari kerja pun dapat langsung melakukan penilaian, setelah formulir diisi dengan lengkap oleh pencari kerja. Hasil tes pun jauh lebih akurat ketimbang sekedar mengandalkan isi dari CV atau resume. 

0 komentar:

Posting Komentar